Saturday, November 7, 2015

Ayoo Ikutan Workshop Big Data Analitics

Kabar gembira bagi Anda yang hobi ngotak-atik data dan punya keinginan untuk membangun bangsa. Departemen statistika IPB akan mengadakan Workshop Big Data Analitics pada 14 - 15 Desember 2015. Dengan menghadirkan instruktur seorang Senior Lecturer dari La Trobe University, Agus Salim, Ph.D, workshop ini mengambil studi kasus penerapan analisis Big Data pada bidang Modern Genetics.

Sebenarnya, Big Data ini dapat kita jumpai tidak hanya di Bidang Bioinformatics, namun juga di bidang ekonomi, bisnis, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan lainnya. Bahkan, dalam aktivitas sehari-hari, sebenarnya kita sering bersentuhan dengan Big Data, yaitu melalui berbagai media sosial yang kita gunakan. 

Bagi yang belum familiar dengan Big Data, ada baiknya mengenal dulu apa itu Big Data. Menurut beberapa sumber, Big Data merupakan kumpulan data berukuran sangat besar yang kemudian akan dianalisa atau diolah lagi untuk keperluan tertentu seperti membuat keputusan (decision making), prediksi, dan lainnya. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, perkembangan Big Data ini semakin pesat.  

Karena itulah, agar kita tidak ketinggalan tren, mari kita belajar tentang cara menganalisis Big Data melalui Workshop ini. Terlebih lagi, buat Anda yang penasaran dengan Big Omics Data atau data-data genetika berskala besar, seperti gen, DNA, dan sejenisnya. 

Instruktur yang akan menjadi guru kita dalam workshop ini adalah orang yang sudah tidak diragukan lagi, beliau ahli di bidang Bioinformatics. Dan tentunya, dia jago komputer dan programming sebagai alat dasar dalam menganalisis Big Data. Kalau Anda tak kenal dengan Agus Salim, Ph.D ini, mungkin Anda mengenal Iwan Setiawan, penulis novel 9 Summer 10 Autumn. Nah, beliau adalah sahabatnya Iwan Setiawan, teman sekelas di Statistika IPB angkatan 30. So, tak ada salahnya jika kita belajar dengan Beliau, sekaligus belajar tentang proses menuju kesuksesan beliau hingga menjadi senior lecturer di Australia.

Bagaimana teman, ayo buruan daftar. Workshop ini ekslusive dan intensive untuk kelas kecil, hanya 20 -30 orang. Mudah-mudahan ilmu yang kita peroleh melalui workshop ini bermanfaat untuk kemajuan bangsa melalui peran-peran kecil kita di tengah-tengah masyarakat, apapun peran itu. Wallauhu'alam.


Tuanputrie
Bogor, 7 November 2015






No comments:

Post a Comment