Saturday, June 13, 2015

Hidup yang Stokastik

Hidup ini memang stokastik, selalu mengandung unsur peluang. Banyak hal yang tak direncanakan dapat saja terjadi.Tentu hal seperti ini bersifat acak. Seperti yang kualami hari ini. Tak terencana sebelumnya, aku akan bertemu adik perempuanku dan keponakanku yang lucu di sini, bukan di Bengkulu. Adikku pun, yang cupu dan lugu, belum pernah ke Jakarta, tak menyangka akan menginjakkan kaki di Pulau Jawa. Karena kehidupan yang probabilistik inilah, sekarang aku dapat menulis ini dengan duduk santai di Damri menuju Soekarno Hatta. Menjemput mereka. Orang-orang yang sangat kurindukan.

Semua ini tentu atas Kekuasaan dan Keagungan Allah. Di saat aku sedang merindukan keluarga, dan di saat adikku ingin mengunjungiku di sini, Allah menugaskan kakakku untuk dinas luar ke Surabaya. Berkat pengertian Allah jua, keponakanku yang lucu, di ajak ke Bogor, sampai Ibunya pulang. Betapa riangnya hatiku.

Kawan, dengan ketakpastian berbagai persitiwa ini, bukankah sudah selayaknya bahwa kita berada dalam posisi yang tak punya kuasa. Dan karena itulah, bukankah sudah sepatutnya kita senantiasa berhati-hati dan bersyukur. Kita wajib bersyukur karena seringkali kita diberi sesuatu yang melebihi perkiraan kita. Kita juga wajib berhati-hati, karena banyak hal dapat terjadi secara tak terencana. Termasuk kematian.

Kematian adalah hal yang pasti terjadi. Ini tentu deterministik. Peluangnya satu. Namun, waktu datangnya kematian, tentu bersifat acak, probabilistik. Tak ada yang tau kapan kita akan mengalami kematian ini. Oleh karenanya, sikap berhati-hati dan konsistensi rasa syukur perlu kita jaga. Agar, semoga, kita dapat menghadap Illahi dalam keadaan bersyukur.

Alhamdulillah sudah sampai bandara.

----------
Produk latihan untuk istiqomah menulis program ODOP hari ke-5. Sebuah catatam yang semoga dapat menjadi pengingatku saat aku khilaf.

1 comment:

  1. \nBefore you 우리카지노 really sit down, look for the table's minimal and most betting limits. You can find more data on blackjack's guidelines, methods, and historical past on the Internet. If you decide to try it, ensure your bankroll covers {at least|a minimal of|no less than} 10 consecutive losses from the hand #1.

    ReplyDelete