Wednesday, April 15, 2015

Catatanku : Tulisan Tanpa Tema

Rabu, 15 April 2015, 16 : 15.

Aku keluar ruang Departemen tepat jam 4 sore. Setelah menekankan jempol di finger print, aku buru - buru ke piggir jalan. Takut ketinggalan jemputanku, bis IPB.

Bis ini sangat setia, pagi menjemput dan sore mengantar kami. Namun, sangat disiplin, tak ada toleransi. Telat 1 menit saja, dia berlalu. Tersungkur kita sendirian ditinggalkannya. Seperti yg kualami setiap pagi dua hari berturut-turut ini.

Perjalanan Baranangsiang - Dramaga harus aku jalani minimal 2 kali dalam seminggu. Rasa enggan terkadang menerpaku. Terburu-buru di pagi hari mengejar bis, atau berdesakan di angkot yang panas dan sempit. Terkadang membuatku lelah. Ketika pulang, sampai rumah, biasanya tinggal menggelepar, seperti ikan yang dilempar ke daratan.

Semua ini harus aku jalani. Bukan sekedar karena profesi. Namun, demi sebuah mimpi. Bagaimanapun harus kuperjuangkan sampai mati.

Alat transportasi berbentuk balok beroda empat ini melaju kencang. Alhamdulillah sudah setengah perjalanan. Ini berarti jalan tidak macet. Lebih tepatnya belum macet. Semoga sampai tujuan perjalanan lancar.

Duduk terpaku di kendaraan, terasa sangat membosankan. Sementara, perjalanan memakan waktu minimal 1 jam. Sangat sayang waktu disia-siakan selama itu jika tidak melakukan apa-apa. Biasanya, aku membaca, tidur, atau berfikir.

Kini aku ingin melakukan hal yang berbeda. Aku menulis. Entah apa yang aku tulis ini, aku tak peduli. Aku hanya mencoba merangkai kata. Walaupun tanpa tema.

Aku lakukan ini untuk melatih kemampuanku berbahasa. Karena, dalam sehari ini aku berkutat dengan data, angka, dan simbol-simbol matematika. Supaya jiwaku lebih berwarna, aku harus belajar beragam pola.

Menulis adalah aktivitas yang pengaruhnya sangat magic. Entah bagaimaan caranya, setelah menulis pikiranku lebih tertata, hatiku lebih bertenaga, jiwaku lebih berwarna, dan semangatku lebih membara. Inilah manfaat menulis. Walau hanya berupa tulisan tanpa tema................ #wadooowwhh... Sampe gunung batu maceeet euy.. hehehe..

No comments:

Post a Comment